Custom Search

Jumat, 18 Juni 2010

Alat Pengolah Data Manual

Alat pengolah data manual dapat digolongkan berdasarkan rentang waktunya, yaitu:

Th 300000 sm
TULANG

Menurut catatan tertua para arkeolog, alah pengolah data manual yang pertama adalah
goresan pada tulang. 2 goresan pada tulang atau tongkat menggambarkan 2 kepala sapi,
goresan ketiga ditambah bila lahir anak sapi.
untuk mengingat dan berkomunikasi,
ex: menghitung umur, mengukur jarak

Th 300000-14000 sm
Petroglyphs

Petgroglyphs adalah gambar yang dibuat pada batu dengan cara mengerat, menggores batu. Bangsa barbar menggunakan petroglyphs untuk mencatat data. Kadang kadang digores membentuk gambar yang menunjukkan suatu kejadian. Petroglyphs ditemukan hampir di seluruh dunia kecuali di Antartika.






Gambar 1: Petroglyphs on Newspaper Rock near Canyonlands National Park, south of Moab, south eastern Utah, USA


Th 9000 sm
Lempengan tanah liat

Digunakan di timur tengah sebagai alat perhitungan. Mempunyai bentuk yang berbeda yang menunjukkan bilangan 10 dan 60.









Gambar 2: lempengan tanah liat

Th 5000 sm
Tablet Tanah Liat

digunakan di timur tengah oleh bangsa Babylonia untuk :
perhitungan, kalender, rumus rumus dan instruksi instruksi untuk menghitung suatu nilai tengah, menuliskan notasi musik.









Gambar 3: Tablet tanah liat Bangsa Babylonia

Th 3500 sm
Tablet Tanah Liat
Digunakan di timur tengah oleh bangsa sumeria untuk mencatat informasi. Bangsa sumeria menggunakan alat berbentuk huruf V untuk menulis huruf dan simbol kemudian dikeringkan dan disimpan (Cuneiform)








Gambar 4: Tablet tanah liat, Jumlah budak wanita dan pria


Th 2600 sm
Tablet Tana
h Liat & Papyrus
Digunakan di timur tengah oleh bangsa babylonia untuk : mencatat penerimaan, pembayaran, kontrak-kontrak transaksi dan pinjaman-pinjaman.
Tablet ini disimpan ditempayan yang berfungsi sebagai almari arsip. Bangsa mesir menggunakan daun Papyrus yang merupakan cikal bakal kertas.




Gambar 5: the Egyptians wrote on the papyrus plant


Th 3000sm
Abacus






Gambar 6: Abacus
Abacus adaah alat penghitung yang diciptakan 3000 tahun sebelum Masehi. Pada alat ini terdapat manik-manik yang dipasangkan di dawai atau kayu melintang. Manik-manik ini digerak-gerakkan pada waktu melakukan perhitungan/operasi matematika. Dikembangkan di Cina dengan dasar sistem bilangan desimal. Di beberapa negara, abacus dikenal dengan nama yang lain.Antaranya:
1. Jepang – soroban








2. Unisoviet – Schyoty
3. Cina - Suan pan







4. Yunani - Abakion


Th 2000 sm
Stonehenge

Merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Ia terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer (8 batu) barat laut Salisbury. Stonehenge mencakup bangunan tambak tanah yang mengelilingi batu besar berdiri tegak dalam bulatan, yang dikenal sebagai megalitikum. Terdapat pertikaian mengenai usia sebenarnya lingkaran batu itu, tetapi kebanyakan arkeolog memperkirakan bahwa sebagian besar bangunan Stonehenge dibuat antara 2500 SM sampai 2000 SM. Bundaran tambak tanah dan parit membentuk fase pembanguan monumen Stonehenge yang lebih awal yang berasal dari waktu sekitar 3100 SM.

Stonehenge merupakan nama yang diberikan kepada tugu peringatan yang dikenal sebagai henge yang terdiri dari kurungan atau lingkaran tambak dengan parit di dalam. Sebagaimana yang sering terjadi dalam istilah arkeologi ini merupakan istilah warisan dari penguasa zaman kuno dan sepatutnya Stonehenge tidak boleh dikelompokkan sebagai henge sebenarnya, disebabkan tambaknya berada di bagian sebelah dalam parit. Walaupun seusia dengan henges zaman Neolithikum yang menyerupai Stonehenge, Stonehenge mungkin memiliki keterkaitan dengan bulatan batu lain yang terdapat di British Isle seperti Cincin Brodgar namun ukuran trilitonnya sebagai contoh menjadikannya unik.

Th 1200 sm
Quipus
Adalah tali simpul yang digunakan nenek moyang bangsa peru digunakan untuk : mencatat data administrasi, pajak dan perhitungan populasi.






Gambar 8: inca Quipus

Th 400 sm
Lempengan Kayu & Kulit Binatang

digunakan oleh bangsa yunani dan romawi untuk mencatat data. Alat penulisnya berupa kayu,
tulang atau metal yang runcing. Alat ini digunakan untuk data transaksi hutang piutang, pengeluaran atau untuk mencatat barang yang dimiliki

Pertengahan Abad ke-8
Kertas
Kertas diperkenalkan pada pertengahan abad ke-8 dari Cina ke Samarkand. Kertas Samarkand, yang diduduki oleh orang Islam pada 704 dipandang tidak ada tandingannya saat itu. Sebelum akhit abad ke-8, Baghdad mempunyai pabrik kertas pertama. Dan kemudian, secara bertahap kota-kota lain bahkan negara-negara lain mulai mendirikan pabrik-pabrik kertas pula.

Th 1455
Alat Cetak
Ditemukan oleh Johann Gutenberg dari Mainz, Jerman untuk menertibkan salinan-salinan injil. Alat ini adalah dasar dari alat cetak printer Gambar 9: Alat cetak Gutenberg








Th 1614
Napier’s Bones
Terbuat dari tulang ditemukan oleh John Napier (1550-1617) ahli matematika Scotlandia. Digunakan untuk perhitungan perkalian. John dianggap sebagai penemu perhitungan dan alatnya sebagi dasar mistar hitung.




Th 1659
Oughtred’s Slide rule

Ditemukan William Oughtred (1575-1660), seorang ahli matematika inggris. Alat ini terdiri dari 2 mistar terletak pada suatu piringan yang bisa digerakkan satu dengan lainnya. Dengan menggeser salah satu mistar pada posisi tertentu akan didapat hasil perhitungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan comment kalian ya sob....but, don't spaming yupz...

Meningkatkan Trafik

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini dan disini "