Custom Search

Jumat, 18 Juni 2010

Komputer Generasi 4

CIRI-CIRI :
  • Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip
  • Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
  • Peningkatan kapasitas penyimpanan (lebih dari 3 Mbyte) dan kecepatan
  • Peningkatan dalam rancangan modular dan kompatibilitas antara peralatan (perangkat keras) yang disediakan oleh pabrik yang berbeda
  • Tersedianya program yang canggih untuk aplikasi-aplikasi khusus
  • Kecanggihan peralatan I/O yang meningkat
  • Penggunaan minikomputer, microprosessor dan mikrokomputer yang ekstensif
  • Aplikasi : simulasi dan model matematika; transfer data elektronik; perancangan, manufakturing dan instruksi dengan bantuan komputer; komputer yang digunakan di rumah.
  • Biaya 1/100 sampai 1 sen per operasi floating-point
  • Kecepatan pemrosesan: 100 mips sampai 1bips (milyar instruksi perdetik)

Yang termasuk Komputer Generasi ke-4:


IBM 370, komputer generasi keempat yang I
IBM System/370 (seringkali disingkat S/370) adalah salah satu model IBM mainframe yang diumumkan pada tanggal 30 Juni 1970 sebagai successors ke keluarga System/360. Rangkaian pemelihara backward compability dengan S/360, membolehkan jalur migrasi yang mudah bagi pelanggan; ini, serta meningkatkan kinerja, tema yang dominan adalah product announcement. Arsitektur fitur baru yang berbeda dari berbagai S/360 disertakan: kemampuan standar dual-prosesor ; dukungan penuh untuk virtual memori dan 128-bit floating-point arithmetic.

Gambar : IBM 370/168


1
971 Intel Corporation berhasil mengembangkan chip microprocessor 4004
Mikroprosesor revolusioner ini, berukuran 1/8 hingga 1/6 inci, seukuran kuku manusia, dibuat dengan kekuatan komputerisasi yang sama dengan elektronis kompter pertama, ENIAC, mulai diciptakan tanggal 1946, dan menggunakan 18.000 vacume tube.






1974 : Micro Instrumentation and Telemetry System (MITS) Co. memproduksi komputer mikro Altair

Komputer mikro pertama kali (berukuran desktop) muncul pada tahun 1974, yang ditawarkan oleh Micro Instrumentation Telemetry System (MITS) yang didirikan oleh Ed Roberts tahun 1969. Komputer mikro tersebut, Altair 8800, dijual sebagai kit yang ditawarkan dengan sedikit di bawah 395 US$. Kit komputer tersebut harus dirakit sendiri oleh pengguna (maksud "perakitan" di sini adalah penyolderan dan penyatuan komponen, bukan seperti assembling PC saat ini yang hanya membutuhkan obeng). Altair 8800 dipersenjatai dengan mikroprosesor 8-bit Intel 8080 dan memori dengan jumlah 256 bytes (bukan kilobyte) saja; tanpa monitor, dan tanpa keyboard! Pemilik komputer tersebut harus membeli keyboard (pada waktu itu bukan keyboard, melainkan teletype) dan monitor secara terpisah. Karena tidak memiliki monitor, pengguna tidak akan menemukan pesan apa-apa dari komputer Altair 8800 ini selain LED (Light Emitting Diode) yang berkelap-kelip seperti lampu diskotek, dan juga buzzer dengan suara beep-beep-beep.
Altair 8800 memiliki sebuah system bus dengan arsitektur terbuka yang disebut dengan bus S-100 karena memiliki 100 pin tiap slotnya. Arsitektur terbuka ini mengizinkan siapa saja untuk mengembangkan papan sirkuit agar sesuai dengan slotnya dan kemudian dapat bertatap muka dengan sistem. Hal ini, membuat beberapa pihak mengembangkan banyak periferal atau tambahan untuk Altair. Beberapa perangkat lunak pun dapat dibuat untuk mendukung Altair, termasuk Micro-Soft BASIC dan sistem operasi CP/M buatan Gary Kildall dari Digital Research Incorporated.
1975 : Cray 1, Komputer super pertama
Cray 1 merupakan superkomputer yang didesain oleh sebuah tim termasuk Seymour Cray dari Cray Research. Sistem pertama dari Cray 1 diinstal di Los Alamos National Laboratory pada tahun 1976 dan itu akan menjadi satu dari superkomputer terkenal dan tersukses dalam sejarah. Mesin pertama pada Cray1 didesain menggunakan integrated circuits (ICs). Walaupun ICs telah teredia sejak tahun 1960an, tetapi baru pada awal 1970an mereka mencapai performa penting untuk aplikasi berkecepatan tinggi. Cray 1 hanya menggunakan 4 tipe IC berbeda, sebuah ECL dual NAND gate (4 input + 5 input, masing-masing dengan output yang berbeda).

Gambar atas : Cray-1 yang diawetkan di Deutsches Museum
Gambar bawah : Cray-1 with internals expose










1977 :
ARCNET,LAN pertama,Datapoint Corporation
ARCNET dikembangkan oleh principal development engineer, John Murphy di Datapoint Corporation pada tahun 1976 dan diperkenalkan pada tahun 1977. ARCNET merupakan LAN-based clustering solution pertama, awalnya dikembangkan sebagai sebuah alternatif lebih besar, sistem komputer yang lebih mahal.
Token-passing bus protocol dari I/O device-sharing network digunakan untuk menggunakan pengolahan node untuk komunikasi satu sama lain untuk file-serving dan scalability purposes. Sebuah aplikasi bisa dikembangkan pada DATABUS, milik Datapoint, COBOL seperti bahasa dan deployed pada single komputer dengan dumb terminals.
1977 : Apple II, Personal Computer pertama Apple II adalah mikrokomputer pertama yang sangat berhasil diproduksi secara massal produk yang diproduksi oleh Apple Computer (sekarang Apple Inc) dan diperkenalkan pada 1977. Apple II termasuk komputer rumah pertama di pasar, dan menjadi salah satu yang paling dikenal dan sukses. Dalam hal kemudahan penggunaan, fitur dan Expandibilitas Apple II merupakan kemajuan teknologi yang besar dari pendahulunya, Apple I, produksi terbatas bare circuit board komputer untuk para penggemar elektronika yang memelopori banyak fitur yang membuat Apple II komersial sukses.





1981 : Komputer IBM PC yang pertama

Ide IBM PC ini muncul pada Juli 1980, saat perwakilan IBM bertemu pertama kalinya dengan Bill Gates dari Microsoft. Mereka membicarakan sistem operasi komputer personal yang baru.
Selanjutnya, IBM memberi kode untuk rencana komputer baru dengan nama "Acorn". Dua belas teknisi direkrut untuk merakit komputer tersebut di Boca Raton, Florida, Amerika Serikat.
Saat dirilis 12 Agustus 1981, nama Acorn diganti dengan IBM PC. Komputer personal pertama ini berjalan dengan mikroprosesor Intel 8088 berkecepatan 4,77MHz. Memorinya 16KB dan bisa ditingkatkan hingga 256KB, dan dilengkapi dengan 160KB floopy disk drive serta monitor berwarna (optional). Harganya saat itu dipatok pada US$ 1.565.
Yang membuat beda IBM PC dengan komputer IBM sebelumnya adalah komputer personal ini merupakan yang pertama dibangun dengan komponen-komponen yang terpisah dan fleksibel, dengan sistem arsitektur terbuka (open architecture).
Untuk prosesornya, IBM memilih Intel karena IBM waktu itu punya hak membuat sendiri Intel Chips. Dengan sistem arsitektur yang terbuka dan fleksibel itulah, kini komputer personal mengadaptasi model tersebut dan menyabutnya sebagai PC.

1984 : IBM PC/AT (Advance Technology) IBM PC-AT merupakan yang pertama meng-upgrade dari dasar arsitektur PC diperkenalkan pada tahun 1981 (yang XT memperluas pilihan penyimpanan, tetapi bukan prosesor, bus, chipset, dll) pertama yang dilepaskan ATs konservatif dengan 6 MHz processor yang cepat ditingkatkan sampai 8 MHz. BIOS diperbolehkan untuk definisi aftermarket hard drive. AT juga memperkenalkan 1,2 MB high-density 5,25 "floppy drive yang menjadi standar industri sampai datangnya dari 3,5" disk drive.






1997 : Pentium II


1998 : AMD K6 3D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan comment kalian ya sob....but, don't spaming yupz...

Meningkatkan Trafik

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini dan disini "