Custom Search

Jumat, 18 Juni 2010

Alat Pengolah Data Mekanik Elektronik

Tahun 1890 Mesin Tabulasi Kartu Plong Mekanik-Elektronik Pertama
(digunakan untuk membantu sensus penduduk,Dr. Hernan Hollerith, USA, Cikal Bakal IBM)
Pada tahun 1988 seorang penemu,statiskawan dan wirausahawan Herman Hollerith, menemukan system kartu berlubang Punched Card sytem termasuk alat pelubang yang sigunakan untuk system tabulasi dari sensus yang dilakukan Amerika.Mesin Hollerith membuat perhitungan hasil sensus pada tahun1890lebih cepat dan ekonomis pada saat itu.Dalam sehari 56 mesin tersebut dapat mentabulasi infotmasi sensus lebih dari 6 juta orang.Kartu plong atau sering disebut punched carddikembangkan lhe Prof. Dr. Herman Hollerith pada tahun 1887. Pada saat itu kartu plong digunakan untuk memproses sensus data di USA pada tahun 1890. Kartu plong pada masa itu disebut dengan 80 column punched card atau kartu plong 80 kolom. kartu tersebut juga diberi nama sebagai standard card atau Hollerith card. Kartu tersebut adalah kartu plong tertua pada masa ini. Kartu plong 80 kolom mempunyai ukuran panjang 18,4 cm, lebar 8,125 cm, dan dengan tebal 0,0175 cm. setiap kartu terdiri dari 80 kolom. pada setiap kolom dapat menyimpan 1 karakter. sehingga dapat menampung maksimum 80 karakter. Untuk pemakaiannya kartu plong direkam dengan cara dilubangi. hal inilah yang kita sebut sebagai kartu plong. tapi jangan salah. bentuk pengeplongannya adalah empat persegi panjang. Kode yang dipakai untuk membuat karakter yaitu dengan kode Hollerith. kumpulan dari kartu-kartu plong disebut dengan sebuah deck.

Tahun 1920 Mesin Penghitung Otomatis Pertama
(mesin pengambil keputusan,Leonardo Torres Quevedo, Spanyol)
Leonardo Torres y Quevedo (1852-1936), direktur dari sebuah institut teknik di Madrid, Spanyol mendisain device elektromekanik supaya dapat bermain catur seperti halnya manusia walaupun masih sangat sederhana.

Tahun 1931 Komputer Analog Pertama
(untuk memecahkan permasalahan differensial, disebut dengan Differensial Analyzer,Dr. Vannevar Bush,MIT)
Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan diferensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan diferensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.



Tahun 1938 Mesin Hitung Mekanik-Elektronik Pertama
(untuk perhitungan teknik,disebut dengan Complex Calculator,George R. Stibitz, Bell Laboratories)
Stibitz awalnya mempelajari dinamo kecil-mesin dari sinar telepon, tetapi beliau perhatian ke binari sirkuit dikontrol oleh relay, untuk operasi aritmetika dinyatakan dalam bentuk biner, dan, pada bulan November 1937, untuk pembangunan dua digit binari adder. The next year, with the help of SB Williams of Bell Labs, he developed a full-scale calculator for complex arithmetic. Tahun berikutnya, dengan bantuan SB Williams dari Bell Labs, ia mengembangkan sebuah skala penuh kalkulator untuk kompleks aritmatika. This computer was operational late in 1939 and was demonstrated in 1940 by remote control between Hanover, New Hampshire, and New York. Ini adalah komputer operasional di akhir 1939 dan tahun 1940 telah ditunjukkan oleh remote control antara Hanover, New Hampshire, dan New York. Several binary computers of greater sophistication followed. Beberapa binari komputer yang lebih besar dari kecanggihan diikuti. In these were introduced the excess 3 code, floating decimal arithmetic, self-checking circuits, jump program instructions, taped programs and 'table-hunting' subcomputers. Dalam ini telah diperkenalkan kelebihan 3 kode, apung aritmatika desimal, memeriksa diri-sirkuit, melompat petunjuk program, dan program taped 'tabel-berburu' subcomputers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan comment kalian ya sob....but, don't spaming yupz...

Meningkatkan Trafik

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini dan disini "