Custom Search

Jumat, 18 Juni 2010

Alat Pengolah Data Elektronik

Setelah alat manual, alat mekanik dan alat mekanik elektronik dibahas sebelumnya, sekarang saatnya nda ngebahas tentang alat pengolah data mekanik yang pertama ada. yaitu:


Tahun 1942 Komputer digital elektronik pertama (Atanasoff-Berry Computer, John V. Atanasoff & Clifford Berry,IOWA State College)
Atanasoff dan Berry segera mewujudkan komputer impian mereka pada November 1939. Prototipe yang mereka buat ternyata dapat bekerja. Atanasoff menamakan mesin hitung digitalnya itu dengan ABC. Kependekan dari Atanasoff-Berry Computer.

Lebih dari sekadar dapat bekerja, ABC pun ternyata lebih unggul dari mesin hitung lain yang ada saat itu. Ini dibuktikannya dengan mampu menyelesaikan 29 persamaan linear secara bersamaan. Dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan penyelesaiannya dari ABC dibanding mesin hitung lain.

Namun, bila dibandingkan komputer modern saat ini, ABC sangatlah "primitif''. Ia tak dilengkapi dengan CPU (central processing unit). ABC hanya menggunakan tabung hampa (vacuum tube) untuk mempercepat proses kalkulasi. Salah satu hal dari ABC yang tetap diterapkan pada komputer modern adalah pemisahan memori dari bagian komputasi. Ini seperti halnya memori DRAM sekarang.


Tahun 1944 Harvard Mark I ASCC
(melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis,dibuat IBM, Prof. Howard Aiken,Harvard University)
Digunakan untuk perhitungan ilmiah skala besar untuk keperluan pemerintah, industri yang besar, riset dan pengembangan, dan institusi pendidikan (pengembangan selanjutnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan comment kalian ya sob....but, don't spaming yupz...

Meningkatkan Trafik

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini dan disini "