Custom Search

Jumat, 18 Juni 2010

Komputer Generasi 1

Ciri-ciri :
– Sirkuit menggunakan tabung hampa (Vacuum Tube)
Program hanya dapat dibuat dengan menggunakan bahasa mesin (Machine Language)
– Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage
– Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk
– Ukuran fisik ko
mputer besar, memerlukan ruangan yang luas
– Cepat panas, sehingga diperlukan pendingi
n
– Prosesnya kurang cepat
– Simpanannya kecil
– Membutuhkan daya listrik yang besar
– Orient
asi utama pada aplikasi bisnis


Yang termasuk komputer generasi 1:

Tahun 1946 ENIAC (Electronical Numerical Integrat
or and Calculator)

Dr. John W. Mauchly (Moore School of Electronical Engineering Pensylvania University) bekerja sama dengan J. Presper Eckert,Jr., membuat mesin yang mampu menghitung tabel-tabel lintasan peluru untuk tentara Amerika Serikat. Produk akhirnya, komputer yang secara penuh dioperasikan secara eletronis dan berskala besar diselesaikan pada tahun 1946 dan diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator Computer). Komputer ENIAC, ribuan kali lebih cepat dari komputer elektromekanis sebelumnya, menandai lompatan besar dalam teknologi komputer. Beratnya mencapai 30 ton dan memerlukan ruangan seluas 15.000 kaki persegi (1.393,5 persegi). Dengan jumlah tabung hampa lebih dari dari 18.000, komputer ENIAC membutuhkan catu daya listrik yang luar biasa besarnya. Suatu lelucon mengatakan bahwa ketika komputer ENIAC yang dibuat di Universitas Pennsylvania diaktifkan, lampu-lampu di kota Philadelpia padam. Karena skala dan komponen-komponen elektriknya yang mengagumkan serta dapat diterapkan secara luas, komputer ENIAC secara umum dianggap sebagai komputer digital elektronik pertama yang fungsional.

Tahun 1947 Harvard Mark II (Pengembangan g
enerasi sebelumnya)
Harvard Mark II merupakan komputer elektromagntik yang dibangun di Harvard University di bawah Howard Aiken dan telah selesai tahun 1947 dan dibiayai oleh Angkatan Laut Amerika.
Harvard Mark II bukanlah stored-program computer, tapi membaca instruksi dari program satu waktu dari sebuah tape dan mengeksekusinya (seperti Harvard Mark I). Separasi dari data dan instruksi disebut Harvard Architecture. Kemampuannya 12x lebih besar dari Havard Mark I.

Tahun 1948 IBM Selectiv
e Sequence Electronic Calculator

IBM's Selective Sequence Electronic Calculator (SSEC), dibangun oleh IBM's Endicott facility dibawah pimpinan Professor Wallace Eckert dari Columbia dan Watson Scientific Computing Laboratory staff miliknya pada tahun 1946-47, dipublikasikan setelah perpindahan ke IBM Headquarters Building yang baru di 590 Madison Avenue, Manhattan, yang berisi periperal dalam sebuah ruangan dengan ukuran panjang 60 feet dan lebar 30 feet.
Yang terlihat sepanjang dinding pada latar belakangnya merupakan 3 punches dan 30 readers dari paper-tape storage, dengan sebuah roll yang besar dari tape dibawah punch. Paper tape was actually uncut IBM card stock, dengan lebar lebih dari 7 inches, berat 400 pounds per roll. Sepanjang sisi kanan merupakan banks dari vacuum tube circuits untuk pembaca kartu (card reading) dan sequence control dan juga 36 paper tape readers yang terdiri dari tabel-lookup bagian. Banyak dari mereka dimuat dengan electronic arithmetic unit untuk referensi data umum. Sebagian besar panel di sepanjang kanan dinding yang diduduki oleh penguasa elektronik unit aritmatika dan penyimpanan. Di tengah ruangan: pembaca kartu (card readers), kartu punches (card punches), printer, dan (tidak terlihat) operator konsol.





Tahun 1949 EDSAC (Electronic Delayed Storage Automatic Computer,komputer pertama yang menggunakan stored program,John Van Neumann)
PART 1 COMPUTERS : PAST AND PRESENT
EDSAC (Electronic Delayed Storage Automatic Computer), yang merupakan komputer dengan stored program yang pertama. Komputer ini dibuat oleh ahli matematika John von Neumann dan teamnya. Komputer ini dibuat semenjak pertengahan tahun 1940 dan dioperasikan pada tahun 1949 di Cambridge University, Inggris. Memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data

Tahun 1949 Harvard Mark III
Harvard Mark III dibangun di Harvard University untuk the U.S. Navy. Dengan tinggi 30 feet, 15 feet dan berat 10 tons. Harvard Mark III mempunyai 4,500 vacuum tubes, 3,000 relays, 2,500 magnetic recorder-phonographs, dan 400,000 soldered connections. Harvard Mark III juga terdiri dari 100 miles of wiring. Mark III menggunakan sebuah peralatan yang disebut "coding box" yang menterjemahkan masalah yang diberikan ke inputan mesin untuk diproses.

Tahun 1950 ACE (Automatic Calculating
Engine)
Komputer digital elektronik ukuran besar di inggris yang pertama, Alan M. Turing, Natioanal Physicals Laboratory London

Tahun 1950 SEC (Electronic Computation of Birk
beck College, university of London)

Tahun 1951 LEO (Lyon Electronic Office), kompu
ter komersial I di inggris
The Lyons Electronic Office (LEO) II/1 dengan mesin operator dan printer, J Lyons & Company, London, c 1950s. Pada bulan October 1947, direktur dari J Lyons & Company memutuskan untuk mengambil sebuah active role dalam mempromosikan commercial development of computers. Pada tahun 1951, the LEO I computer beroperasi dan menjadi the world's first regular routine office computer job.

Tahun 1951 UNIVAC I (Universal Automatic Computer), pertama menggunakan pita mag
netik sebagai media input dan output, Sperry Rand Corporation

Universal Automatic computer (misalnya UNIVAC I) yang dibuat oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation, dipasang di Biro Sensus tahun 1951. Akhir tahun itu, CBS News memberitakan UNIVAC I secara nasional ketika komputer itu dengan tepat memprediksikan kemenangan Dwight Eisenhower terhadap Adlai Stevenson pada pemilihan presiden AS dengan selisih suara hanya 5%.


Tahun 1952 EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer), pertama memakai stored program secara penuh di Amerika
Pada masa ini salah seorang ahli computer bernama John Von Neumann dari Princeton University menemukan 2 (dua) buah konsep penting tentang prinsip pemrograman
1). Komputer dapat bekerja dengan menggunakan prinsip binary / biner .
2). Program komputer sebaiknya disimpan di dalam memory.
Berdasarkan konsep Von Neumann, Maughly dan Eckert membuat computer yang lebih canggih , diberi nama EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer).

Tahun 1952 Whirlwind I, komputer pertama meng
gunakan magnetic core memory,Dr. Jay W. Forrester, MIT
The Whirlwind computer dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology. Whirlwind I merupakan komputer pertama yang dioperasikan pada real time, menggunakan video displays untuk output, dan pertama yang bukan sekadar elektronik penggantian sistem lama mekanis. Perkembangannya dipimpin langsung ke Angkatan Udara Amerika Serikat 's Semi otomatis Ground Lingkungan (SAGE) sistem, dan secara tidak langsung untuk hampir semua bisnis komputer dan minicomputers di tahun 1960-an.


Tahun 1953 IBM 701, komputer komersial berukuran besar, komputer generasi pertama yang paling populer

IBM 701 Defense Calculator (1952) merupakan komputer pertama yang diproduksi oleh IBM yang didesain utamnya sebagai scientific calculation dan sudah termasuk microsecond circuits installed pada critical locations ... untuk mengirim impulses listrik dari satu unit ke unit lain di kecepatan yang lebih cepat di Columbia University Watson Lab. Ia disewa untuk sekitar $ 16.000 per bulan. Dalam semua, 19 unit yang diproduksi, kebanyakan dari mereka untuk US nasional laboratorium, Biro Cuaca Amerika Serikat, produsen pesawat terbang, etc, dan perusahaan besar seperti GE. Unit pertama dipasang di IBM 1952 di Kantor Pusat di New York City, menggantikan SSEC. 701 terdiri dari 11 buah elemen:
  • Dua unit penyimpanan muatan listrik (electrostatic storage units) terdiri dari 72-sinar katoda tabung (cathode-ray tubes - CRTs), cukup untuk menyediakan 2048 36-bit kata.
  • Tiga power supply dan distribusi unit.
  • The electronic analytical and control unit (CPU).
Plus kartu punches, pembaca, dan perekam, printer, satu unit pita perekam suara (pertama di dunia), dan drum.


Tahun 1954 IBM 650 Magnetik Drum Calculator
Belum sampai UNIVAC I mencapai keberhasilannya, IBM membuat keputusan dan berkomitmen untuk membangun dan memasarkan komputer. Komputer IBM pertama yang dipasarkan di pasar komputer komersial adalah IBM 701 pada tahun 1953. Namun demikian IBM 650 yang diperkenalkan pada tahun 1954 barangkali merupakan produk yang membuat IBM menikmati pangsa pasar komputer yang sehat saat ini. Tidak seperti beberapa pesaingnya. IBM 650 di rancang sebagai peningkatan logika bagi mesin kartu berlubang yang masih ada. Manajemen IBM semakin bertambah kuat dan memperkirakan penjualan sebesar 50 unit, angka yang jauh lebih besar dari jumlah komputer yang dipandang di AS pada waktu itu. Sebenarnya IBM memasang lebih dari 1000 komputer. Sisanya merupakan suatu sejarah tersendiri

Tahun 1956 IBM RAMAC 305 (Random Access Method for Accounting and Control), komputer pertama menggunakan penyimpanan luar dengan akses random
The IBM 305 RAMAC merupakan komputer komersial pertama yang menggunakan moving head hard disk drive (magnetic disk storage) sebagai secondary storage. IBMSeptember 4, 1956. RAMAC merupakan singkatan dari "Random Access Method of Accounting and Control". Desain dari RAMAC termotivasi dari kebutuhan real time accounting dalam bidang bisnis. RAMAC pertama kali digunakan pada auto industry di US yang diinstal pada Chrysler's MOPAR Division pada tahun 1957.

Tahun 1959 IBM 705, dibuat untuk menggantikan IBM 701




Announced October 1, 1954 and withdrawn April 7, 1960. Diumumkan 1 Oktober 1954 dan ditarik 7 April 1960.
IBM 705 adalah salah satu yang paling kuat sistem pengolahan data yang tersedia di pertengahan tahun 1950-an. Operasi sesuai dengan petunjuk rinci disebut program, 705's sirkuit elektronik dilakukan serangkaian catatan-penyimpanan, aritmatika dan operasi logis secara otomatis dan dengan kecepatan yang dibuat itu mampu 240.000 "keputusan" dalam 60 detik, dan mengalikan besar sebagai nomor 1 sebagai juta pada kadar lebih dari 400 per detik.
Cermat terutama untuk menangani bisnis data, yang dapat menganalisis 705 juta bit data untuk menentukan lokasi optimal untuk toko ritel; mensimulasikan seluruh operasi dari sebuah kilang minyak; menangani penagihan operasi besar di menit; memberikan kontrol laporan inventarisasi produksi; atau make-up yang 50.000 karyawan dengan gaji jutaan potongan dana.
Biasa alat masukan data ke 705 sistem pita perekam suara, tetapi juga bisa masuk yang dilakukan oleh punched card reader, atau, ketika petunjuk khusus yang diperlukan, dari operator konsol. Pada setiap awal pengolahan prosedur, program tersebut ke dalam memori, membaca dari pita atau kartu punched. Kemudian mesin dilakukan seluruh proses pekerjaan tanpa campur tangan manusia, untuk memeriksa sendiri akurasi karena bekerja. Hasil bisa baik akan dicetak, direkam pada pita perekam suara (kapasitas 5 juta per reel karakter) atau ke kartu punched. Satu dari reel tape dapat menyimpan sama dengan 25.000-50.000 kartu. Seperti banyak kata sebagai teks lengkap dari Gone Dengan Angin dapat digandakan dari satu pita perekam suara ke dalam 3 ½ menit. A 705 di lokasi lain dapat mereproduksi seperti laporan atau angka, dengan menggunakan printer elektronik, di pecahan dari waktu yang diperlukan oleh metode lain.

Sumber:
http://www.computermuseum.li/
http://en.wikipedia.org/
http://www.erikiman.com/
http://www.scienceandsociety.co.uk/
http://www.columbia.edu/
http://www-03.ibm.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan comment kalian ya sob....but, don't spaming yupz...

Meningkatkan Trafik

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas...? Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...!..Klik disini dan disini "